Generasi bebas dari korupsi


Salman Leadership Forum yang diadakan YPM Salman ITB, Rumah Amal Salman ITB, Kharisma ITB yang bertemakan generasi bebas korupsi, dalam bentuk Diskusi Panel yang diisi oleh Taufiqurahman Ruki (Mantan Ketua Komisi pemberantasan Korupsi) dan Muhammad Iqbal (Ketua Komisi Pengawasan Persaingan Usaha) sangat menarik sekali. Kegiatan berlasung selama 4 Jam, tersebut telah memberikan pengetahuan tentang korupsi ditinjau dari 13 Pasal UU no. 31 tahun 1999 jo. UU No. 20 Tahun 2001 kepada peserta yang hadir.
System di indoensialah yang salah yang menyebabkan terjadinya korupsi kata bapak taufiqurahman, hal ini dipertegas oleh pernyataan Muhammad Iqbal bahwa Indonesia masih kekurangan ex acte sebagai lembaga yang mengawasi lemabaga-lembaga lain, karena KPK dan KPPU hanyalah sebagai ex pose yaitu bagian akhir dari pengawasan.
Dalam acara itu pula turut hadir Mas Eko (Bagian pendidikan dan Penerangan KPK) yang memberitahu bahwa selain sebagai penindak hukum, KPK juga sebagai pencegah. Program KPK dalm rangka mencegah korupsi ini telah direalisasikan dalam penerbitan Buku Dongeng yang didalamnya terkandung makna tetang sikap-sikap yang terpuji. Buku dongeng ini sebagai perlawanan terhadap dongeng si Kancil yang sering mengandung unsure kelicikan, mencuri dalam setiap dongeng-dongengnya. Buku dongeng ini di khususkan untuk para adik-adik Taman Kanak-Kanak dan SD. Bagi adik-adik SMP juga, KPK mempunyai program yaitu warung Kejujuran yaitu sebuah warung yang dikelola bersama tetapi tanpa penjaganya. Hal ini dimaksudkan untuk meningkatkan kejujuran dalam hati.
Dalam acara tersebut juga diputar sebuah film singkat tentang korupsi di Indonesia sebelum diskusi panel tersebut dimulai. Film tersebut sangat mengharukan ketika bangsa ini rela untuk merusak alam demi kepentingan pribadi dan membudayakan korupsi.
Pesan yang terkandung dalam acara tersebut yaitu agar kita terjun langsung dalam rangka memberantas korupsi tersebut, dengan cara pencegahan dan penindakan terhadap pelaku korupsi.

0 komentar